dr Alexander Edo Tondas

Selamat datang di blog pribadi saya. Ini adalah sebuah autobiografi. Semoga kita bisa saling kenal lebih dekat...

Saturday, April 22, 2006

Mukjizat Salib di Pohon Kelapa (Palembang)

Pada masa Paskah 2006 di Palembang terjadi suatu kehebohan (yang bagi saya mungkin merupakan mukjizat) : muncul pola berbentuk salib pada pelepah dan daun pohon kelapa di salah satu kebun warga Palembang. Fenomena ajaib ini mendapat tempat di rubrik koran lokal selama 2 hari berturut-turut. Salah satunya saya kutip dibawah ini, dan satu lagi yang lebih banyak menjelaskan asal muasal kejadian, saya pindai dengan scanner lalu saya upload bersama foto-foto dari lokasi.Silakan klik link dibawah untuk melihat galeri foto.
Bagi umat Kristiani, termasuk saya, ini merupakan suatu tanda yang luar biasa. Mengapa? Karena salib adalah simbol fondasi keimanan kami. Keajaiban alam ini menarik bahkan orang-orang dari luar kota untuk melihatnya, karena beberapa cerita dari lapangan seperti :
1. Munculnya salib ini tepat pada malam Jum'at Agung (hari raya wafat Isa Almasih) tanggal 14 April 2006 sampai saat ini. Terlihat secara tidak sengaja oleh salah satu warga karena bentuk salib tersebut bersinar terang. Kadang-kadang terdapat gambaran "corpus" (tubuh Kristus) pada pola tersebut.
2. Pemilik pohon Bapak Samaun (67), melihat seperti ada sesuatu yang "lewat" melalui pohon kelapa itu di malam Jum'at Agung, lalu tiba-tiba keesokan harinya muncul pola salib tersebut di pohonnya. Pohon tersebut ia tanam tahun 1972 dan selama itu belum pernah ada kejadian seperti itu. Beliau sendiri beragama Muslim, sehingga tidak akan susah payah untuk merekayasa salib tersebut.
3. Pola salib itu menunjukkan kesan bahwa tidak dibuat oleh manusia dan lebih terjadi secara alami, karena pelepahnya tidak loyo atau terlihat rusak.
Waktu saya berkunjung ke lokasi pada hari Minggu (23-4-06), masih banyak orang berkumpul untuk menyaksikan salib itu. Bahkan banyak juga yang menjual foto-foto bahkan VCD dokumentasi. Itulah manusia, semuanya mau dijadikan duit. Pemilik pohon dengan ramah menganjurkan agar kami mengambil foto kenang-kenangan, karena ternyata sayangnya, sebentar lagi pohon tersebut akan ditebang, karena situs disekitarnya akan dilakukan pembangunan.
Demikianlah informasi saya, semoga bisa memuaskan rasa penasaran anda, khususnya yang di luar kota. Kebenaran yang sesungguhnya, hanya Tuhan yang tahu. Bagaimana menurut anda ? Kirimkan komentar anda untuk post ini ("comment" di kanan bawah). God bless you.

PALEMBANG,SRIPO-Hingga kemarin, pohon kelapa milik Samaun (67), warga Jl Tembok Baru RT 03 RW 01 No 244 Kelurahan 9/10 Ulu Kecamatan Seberang Ulu (SU) I masih mengundang kerumunan warga. Mereka penasaran ingin melihat dari dekat fenomena tanda salib di pelepah pohon kelapa. Warga yang datang dari penjuru kota Palembang bahkan rela memberikan sumbangan Rp 1.000-Rp 1.500.
“Saya sudah mendengar dari umat khusus agama Katolik. Namun sampai sekarang saya belum bisa mengatakan apa arti semua ini. Sedangkan hal itu bisa terjadi dimana saja,“ kata Uskup Agung Palembang,Romo Yusmito saat dihubungi semalam.
Dia sendiri mengaku belum melihat langsung hanya mendengar cerita orang saja. Karenanya Romo belum bisa memberikan komentar tentang fenomena tanda salib di pohon kelapa tersebut.
(Dikutip dari : Sriwijaya Post, Jumat 21 April 2006).


LINK FOTO-FOTO LENGKAP (klik disini untuk galeri foto)

1 Comments:

At 2:41 PM, Anonymous Anonymous said...

Itu setan yang sukan mabok, marah, penakut dan pecemburu.

 

Post a Comment

<< Home